Pages

Tips Agar Kerja Tidak Menjadi Beban

Rabu, 18 Maret 2015


wanita karier bahagiaApakah anda selama ini merasa pekerjaan anda adalah beban?, jika memang demikian adanya, alangkah baiknya anda menerapkan beberapa tips yang akan saya bagikan. Memang umumnya bagi seorang karyawan atau pekerja, kebanyakan pekerjaan itu adalah beban. jika sudah begitu, maka malas, menunda perkjaan  mengeluh, atau stres akan menzjadi makanan sehari hari bagi si karyawan. lebih lebih jika perkerjaan tersebut di batasi oleh waktu alias deadlane. Ujung-ujungnya pekerjaan akan menjadi neraka dan siksaan tiap harinya..  Jika Anda dalam kondisi tersebut, di bawah ini adalah tips-tips agar pekerjaan Anda tidak menjadi beban.

 Bersyukur bahwa Anda tidak menganggur

Bayangkan untuk apa kilta sekolah tinggi  tinggi, kuliah yang membosankan dan uang yang anda atau orang tua anda keluarkan untuk biaya kuliah anda. setelah lulus dari semua siksaan kuliah apa yang anda cari? disamping mencari pendamping hidup, tentu saja anda harus mencasri pekerjaan lebih dulu. Mungkin sebagian orang ada yang lebih suka memulai usaha sendiri, namun faktanya, lebih banyak orang yang baru lulus kuliah memilih kerja kantoran alias menjadi karyawan. dan jika nasib anda mengharuskan menjadi seorang karyawan maka anda harus bersykur mendapatkan pekerjaan karena masih banyak orang yang masih mencari pekerjaan. Dengan bersyukur, pikiran Anda akan memberikan sinyal positif sehingga Anda dapat menghadapai dan mengerjakan pekerjaan dengan nyaman. Yang akhirnya anda akan mencintai pekerjaan anda.

Miliki paradigma kantoran

Sebagai seorang karyawan, mungkin anda menganggap diri anda adalah buruhi buruh atau pekerja, ganti pandangan anda tersebut menjadi Anda sebagai karyawan atau lebih bagusnya anda menganggap anda sebagai seoragn kantoran. Dilihat dari artinya, karyawan adalah orang yang berkarya. Dengan paradigma tersebut, Anda siap menyelesaikan pekerjaan sehingga karya Anda berkontribusi kepada perusahaan.
Semakin banyak Anda menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, semakin besar karya Anda. JIka anda sudah bekerja dengan baik dan sepenuh hati, sangat mungkin karier anda juga akan berjalan dengan baik bahkan melesat kejenjang yang lebih tinggi.

 Lakukan yang terbaik

Image result for beban kerjaBisa saja suatu saat anda akan mendapati suatu tugas atau pekerjaan yang tidak mudah. jika sudah demikian  seberat apa pun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Dengan melakukan sungguh sungguh setidaknya atasn anda tau jika anda sudah melakukan yang terbaik, tidak perduli mungkin hasilnya tidak maksimal atau tidak sesuai yang diharapkan.

Jangan menunda pekerjaan

Ingat slogan lebih cepat lebih baik!?. Pada kenyataanya semua itu memang benar. menunda nunda pekerjaan itu hanya akan membebani pikiran anda dan tentu saja pekrjaan anda. Semakin lama anda menunda pekerjaan anda semakin lama juga anda akan mengalami stres dan beban pikiran akan pekerjaan tersebut. jika anda menuggu sehari atau bahkan tiga hari untuk sebuah pekerjaan yang seharusnya selesai
sejam dua jam, tentu saja selama itu pula anda akan terngiang ngian dengan beban perkjaan anda.  Dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, Anda akan terhindar dari sikap menunda-nunda. Selain itu, Anda akan memiliki waktu yang longgar untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Apa tujuan anda bekerja

Mungkin perkerjaan anda terasa berat. namun perlu anda pikirkan betapa pun beratnya beban pekerjaan Anda akan terasa ringan bila Anda mengingat sasaran karier Anda. Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga atau batu loncatan anda.  untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda. Semakin baik Anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tercapai.

Utamakan yang berat lebih dulu

JIka anda sebagi seorang pekrja yang serabutan, adakalanya ada pekerjaan yang sulit namun ada juga pekerjaan yang mudah. Jika demikin adanya usahakan untuk menyelesaikan tugas yang lebih berat dahulu.Jika anda mampu menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat tentu saja pekerjaan yang lebih ringan semakin terasa ringan anda kerjakan.

Jadikan  keluarga Anda sebagi motivasi

Ini mungkin agak kejam. namun dengan ingast tanggungan di rumah, cicilan mobil biaya hidup anak istri mungkin akan memotivasi anda supaya lebih mencintai pekerjaan anda. Ingatlah keluarga Anda ketika Anda malas menyelesaikan pekerjaan Anda. Kaitkan dampak positif atau negatif bila pekerjaan Anda tidak selesai. Sebagai contoh, kinerja Anda akan dinilai baik di akhir tahun bila Anda mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Kinerja yang baik ini salah satunya akan meningkatkan penghasilan Anda. Dengan demikian, rencana-rencana finansial keluarga Anda.


Bekerja dengan niat beribadah

Dengan niat beribadah dalam bekerja, maka akan timbul rasa ikhlas dalam bekerja. jika bekerja sudah ihlas, maka anda akan tenang dalam bekerja yang akhirnya pekerjaan anda terasa menyenangkan. Bekerjalah dengan ikhlas sehingga yang Anda lakukan menjadi ibadah bagi Anda. Keikhlasan ini akan membuat Anda terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiran Anda. Dengan getaran positif itu Anda akan terus bertindak menyelesaikan pekerjaan Anda. Di sinilah Hukum Ketertarikan bekerja untuk Anda.

Demikian beberapa tips dalam menjalankan pekerjaan supaya tidak menjadi beban. semoga bermafaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar