Pages

tips membeli dan investasi emas

Rabu, 31 Desember 2014



Dari dulu, emas merupakan logam mulia yang paling banyak dicari dan digemari. Terutama oleh kaum hawa. Hal ini disebabkan  Karena emas selain bisa digunakan sebagai sarana investasi dan lindung nilai harta Anda dari pengaruh inflasi, emas acap kali digunakan sebagai perhiasan.

Bagaimana cara memiliki atau membeli emas yang baik?

Untuk memulai membeli emas, terlebih dulu anda harus menyadari tujuan Anda dalam membeli emas tersebut, apakah untuk investasi atau untuk dipakai sebagai perhiasan?. Jika anda bermaksud membeli emas dengan tujuan investasi, maka belilah emas batangan atau emas koin, dan apabila  tujuan anda membeli emas untuk dipakai tentunya beli emas perhiasan yang Anda sukai.
tips membeli perhiasan emas

1. Lihat kurs harga emas hari ini

Untuk mengetahui kurs emas Anda bisa mengecek berapa harga emas pasaran hari ini, bisa melalui surat kabar, website Harga-Emas.com, website pegadaian di Pegadaian.co.id disana di terangkan harga emas secara rieltime.

2. Perhatikan kondisi emas

Sudah wajib hukumnya, bila anda ingin membeli emas anda harus memperhatikam model emas tersebut. tentunya Anda bisa memilih model yang disukai dan juga perhatikan keadaan perhiasan emasnya, masih bagus atau ada cacatnya.

Pastikan tidak ada cacat terlebih lebih cuil atau tergores. Hal ini dikarenakanbila Anda menjualnya kembali, toko emas akan mengeceknya dahulu dan mempengaruhi harga jualnya.

Bila yang dibeli adalah  Emas dalam bentuk gelang dan kalung, pilihlah kunci gelang atau kunci kalung yang buatan mesin, yaitu yang berbentuk huruf 'S' atau disebut dengan 'toogle'. Sedangkan kunci yang buatan tangan biasanya bentuknya pencet-pencetan dan terkadang menjadi lemah bila sudah sering dipakai (buku tutup) dan sudah berumur lama.

3. Lihat tampilan emasnya

Selain kondisi emas, anda juga harus jeli dalam memperhatikan tampilan perhiasan emas. Belilah emas yang bersih sekali, terkadang ada warna hijau pada pori-pori bagian tertentu. Mungkin saja toko penjual perhiasan bilang ini adalah hal biasa, tapi sebenarnya tidak, emas ini belum dicuci dengan benar. Di emas tersebut masih tertinggal sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi pada kulit orang pemakainya, yang menyebabkan gatal-gatal, dll.

4. Tanyakan kadar kemurnian emasnya
Ini sangat vital!. Jangan sampai anda membeli emas tapi tidak tahu kadar kemurnian emas tersebut.
Berikut adalah Kadar kemurnian emas menurut standar internasional:
- Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%)
- Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3%, biasanya bahan perak
- Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas
- Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas
- Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas
- Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas
dan emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas

Berhubung  kita orang indonesia, standar kadar emas di toko emas di Indonesia agak berbeda. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya.

4. Simpan nota pembelian perhiasan emas
Setiap jual beli emas, baik batangan koin atau perhiasan, selalu ada notanya. Atau istilahnya surat.

Simpan baik2 nota tersebut.  Hal ini sangat berguna jika kita nanti menjual emas ditoko yang lain disaat kita membeli. dikarenakan tidak semua pembeli emas, baik dijual di toko atau ditempat lainnya, ahli dalam menentukan kadar emas tersebut. Karena untuk mengecek kadar emas memerlukan waktu dan teknologi yang belum tentu tersedia di tempat Anda menjualnya. Usahakan anda menjual emas kembali di tempat Anda membelinya, karena tentunya akan lebih mudah dan tidak ada banyak pertanyaan seputar emas yang anda jual. Karena emas tersebut berasal dari toko yang sama.

Berapakah nilai emas saat dijual?
 

Jika anda penasaran tentang nilai jual emas yang anda beli, itu tergantung. bila di Pegadaian mereka menggunakan sistem gadai, maka emas Anda hanya dinilai hingga 90% dari kurs beli pegadaian saat itu. Bila di toko emas, biasanya dipotong Rp. 5000,-/gram dari harga beli.
Itulah beberapa tips membeli emas. Semoga bisa menjadi refensi anda dalam membeli perhiasan emas.





2 komentar

  1. Kalau saya lebih suka emas murni atau emas batangan yang ada sertifikasi antam nya.

    BalasHapus
  2. wah tips ini bisa saya jadikan arsip mas, untuk kedepannya jika saya membeli emas ... terimakasih ...

    BalasHapus