Pages

Tips mempertahankan konsumen agar datang lagi

Minggu, 29 Maret 2015

Tekadang untuk mendirikan suatu bidang usaha itu mudah. kita punya modal, sewa tempat usaha langsung jadi. Tapi apakah anda tau bahwa ternyata menjalankan dan mempertahankan usaha itu yang lebih susah. Jika anda seorang pelajar atau olah ragawan yang berhasil meraih prestasi dan piala, pastinya terlecut keinginan untuk mendpatkan penghargaan dan hadiah yang sama pada hari berikutnnya. nah disitulah anda  hasrus belajar lebih giat agar dapat berprestasi. 
sama halnya dengan bidang usaha, mempertahankan sesuatu yang kita raih itu lebih sulit dari pada mendirikian. Pepatah tersebutpun berlaku dalam dunia bisnis, Anda akan jauh lebih sulit untuk mempertahankan konsumen setia agar tetap membeli produk Anda atau memakai jasa Anda.

Kenapa bisa begitu?, jika anda memiliki sebuah toko, loundri , pulsa atau apalah apalah gitu, sudah pastinya and juga mempunyai kompetitor atau pesaing. Nah, para kompetitor anda akan  berusaha memberikan penawaran lebih menarik dari segi produk maupun promosi di setiap pembelian. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki strategi yang lebih mumpuni agar konsumen tetap setia membeli produk Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan:

 Pelayanan yang Memuaskan

Apa jadinya jika anda melayani pembeli anda dengan muka masam atau memberikan barang dengan tidak tidak simpatik? sudahpastinya pelanggan anda akan kapok untuk beli di toko anda. usahakan untuk bersikap manis kepada konsumen meskipun mungkin konsumen bertindak menyebalkan, misalnya cerwet dalam menawar harga. Ingat ! bisa saja toko saingan sebelah anda mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi meskipun dengan harga yang sama dengan toko anda. 
Atau jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, tentunya pelayanan yang baik terhadap konsumen haruslah diutamakan. Karena dalam dunia bisnis konsumen adalah raja yang harus selalu Anda utamakan. Sudah lumrah jika Para konsumen pun menginginkan supaya mereka selalu mendapat pelayanan yang terbaik .
Jadi, Anda sebagai pemilik produk harus senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan agar menjadi lebih baik dari para kompetitor Anda.

  Tahu Keinginan Konsumen

Apakah anda tahu istilah toserba? toko serba ada yang biasa di singkat toserba adalah salah satu bidang usaha yang mengerti apa yang diinginkan konsumen. Untuk tetap mendapatkan perhatian konsumen, ada baiknya Anda mencari tahu keinginan terkini konsumen Anda. Tentu saja kita tidak mungkin menanyakan satu persatu apa keperluan konsumen, apa yang dinginkan oleh pelanggan kita. Untuk menyiasati itu semua maka Toserbalah solusinya. Dengan semakin lengkpa toko yang kita kelola, maka dengan sendirinya konsumen akan loyal kekita. karena konsumen merasa bebas dan leluasa dalam memilih apa yang diinginkan karena semua asudah tersedia.

 Kualitas Pelayanan

Umumnbya semakin maju dan berkembang suatu bisnis yang dijalankan maka pelayanan akan semakin terabaikan. Pada beberapa kasus, ada saat dimana konsumen kebingungan serta kesulitan memilih. 
Jika memag bisnis anda memang sudah semaki maju dan berkembang pesat, alangkah baiknya anda merekrut beberapa karyawaan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mutu dan kualitas bidang usaha anda. jangan sampai pelanggan anda kabur hanya karena tidak adanya karyawan yang melayani dengan baik.

Adakan Program Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? jadi penting untuk usaha anda untuk menjalankan Program-program inovatif dan tak terduga dari Anda untuk konsumen dapat menarik minat konsumen Anda. Contohnya, berikan diskon khusus  ketentuan berlaku. Anda juga bisa memberikan poin yang dapat ditukar dengan kupon potongan diskon saat pelanggan mengisi survey atau memberikan testimoni setelah membeli produk Anda.
Adanya pemberian diskon maka akan semakin meningkatkan semangat konsumen untuk tetap membeli produk-produk dari Anda. Program-program seperti itu bukan hanya akan mempertahankan konsumen setia namun dapat menarik konsumen baru.

 Menjalin Komunikasi yang Baik

mumngkin suatu waktu anda sedang berada diluar dan secara kebetulan berpapasan dengan pelanggan setia anda. maka sapaan yang baik dan ramah secar tidak langsung akan memberikan efek pada usaha anda. konsumen anda akan merasa senang dengan keramahan anda, sehingga akan terjalin sebuah komunikasi yang baik antara anda dan konsumen anda. Selain itu Anda dapat membuat  program seperti gathering, yang mempertemukan Anda dengan konsumen secara rutin. Jadilah teman cerita bagi konsumen Anda dan berikan rasa nyaman serta rasa percaya kepada para konsumen Anda.
Dari komunikasi tersebut Anda dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen. Dengan begitu para konsumen Anda akan merasa dihargai dan dilibatkan dalam kesuksesan bisnis Anda. Hal ini tentu akan membuat konsumen betah berlangganan bahkan mungkin mereka tidak akan ragu untuk menginvestasikan sebagian harta mereka kepada bisnis Anda.
Jadi, dalam menjalankan bisnis bukan hanya mengenai keuntungan yang anda peroleh saja. Kenyamanan serta kepercayaan konsumen juga merupakan poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Karena kunci kesuksesan bisnis yang sesungguhnya adalah kepercayaan konsumen Anda.

Dengan begitu maka konsumen anda akan tetap loyal kepada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar