sama halnya dengan bidang usaha, mempertahankan sesuatu yang kita raih itu lebih sulit dari pada mendirikian.
Pepatah tersebutpun berlaku dalam dunia bisnis, Anda akan jauh lebih
sulit untuk mempertahankan konsumen setia agar tetap membeli produk Anda
atau memakai jasa Anda.
Kenapa bisa begitu?, jika anda memiliki sebuah toko, loundri , pulsa atau apalah apalah gitu, sudah pastinya and juga mempunyai kompetitor atau pesaing. Nah, para kompetitor anda akan berusaha memberikan penawaran lebih
menarik dari segi produk maupun promosi di setiap pembelian. Oleh sebab
itu, Anda perlu memiliki strategi yang lebih mumpuni agar konsumen tetap
setia membeli produk Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita
lakukan:
Pelayanan yang Memuaskan
Apa jadinya jika anda melayani pembeli anda dengan muka masam atau memberikan barang dengan tidak tidak simpatik? sudahpastinya pelanggan anda akan kapok untuk beli di toko anda. usahakan untuk bersikap manis kepada konsumen meskipun mungkin konsumen bertindak menyebalkan, misalnya cerwet dalam menawar harga. Ingat ! bisa saja toko saingan sebelah anda mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi meskipun dengan harga yang sama dengan toko anda.
Atau jika bisnis Anda bergerak di bidang
jasa, tentunya pelayanan yang baik terhadap konsumen haruslah
diutamakan. Karena dalam dunia bisnis konsumen adalah raja yang harus
selalu Anda utamakan. Sudah lumrah jika Para konsumen pun menginginkan supaya mereka
selalu mendapat pelayanan yang terbaik .
Jadi,
Anda sebagai pemilik produk harus senantiasa meningkatkan kualitas
pelayanan agar menjadi lebih baik dari para kompetitor Anda.
Tahu Keinginan Konsumen
Apakah anda tahu istilah toserba? toko serba ada yang biasa di singkat toserba adalah salah satu bidang usaha yang mengerti apa yang diinginkan konsumen. Untuk tetap mendapatkan perhatian
konsumen, ada baiknya Anda mencari tahu keinginan terkini konsumen Anda. Tentu saja kita tidak mungkin menanyakan satu persatu apa keperluan konsumen, apa yang dinginkan oleh pelanggan kita. Untuk menyiasati itu semua maka Toserbalah solusinya. Dengan semakin lengkpa toko yang kita kelola, maka dengan sendirinya konsumen akan loyal kekita. karena konsumen merasa bebas dan leluasa dalam memilih apa yang diinginkan karena semua asudah tersedia.
Kualitas Pelayanan
Umumnbya semakin maju dan berkembang suatu bisnis yang
dijalankan maka pelayanan akan semakin terabaikan. Pada beberapa kasus,
ada saat dimana konsumen kebingungan serta kesulitan memilih.
Jika memag bisnis anda memang sudah semaki maju dan berkembang pesat, alangkah baiknya anda merekrut beberapa karyawaan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mutu dan kualitas bidang usaha anda. jangan sampai pelanggan anda kabur hanya karena tidak adanya karyawan yang melayani dengan baik.
Adakan Program Diskon
Siapa yang tidak suka diskon? jadi penting untuk usaha anda untuk menjalankan Program-program inovatif dan tak terduga
dari Anda untuk konsumen dapat menarik minat konsumen Anda. Contohnya,
berikan diskon khusus ketentuan berlaku. Anda
juga bisa memberikan poin yang dapat ditukar dengan kupon potongan
diskon saat pelanggan mengisi survey atau memberikan testimoni setelah
membeli produk Anda.
Adanya pemberian diskon maka akan
semakin meningkatkan semangat konsumen untuk tetap membeli produk-produk
dari Anda. Program-program seperti itu bukan hanya akan mempertahankan
konsumen setia namun dapat menarik konsumen baru.
Menjalin Komunikasi yang Baik
mumngkin suatu waktu anda sedang berada diluar dan secara kebetulan berpapasan dengan pelanggan setia anda. maka sapaan yang baik dan ramah secar tidak langsung akan memberikan efek pada usaha anda. konsumen anda akan merasa senang dengan keramahan anda, sehingga akan terjalin sebuah komunikasi yang baik antara anda dan konsumen anda. Selain itu Anda dapat membuat program seperti gathering, yang
mempertemukan Anda dengan konsumen secara rutin. Jadilah teman cerita
bagi konsumen Anda dan berikan rasa nyaman serta rasa percaya kepada
para konsumen Anda.
Dari komunikasi tersebut Anda dapat
menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen. Dengan begitu para
konsumen Anda akan merasa dihargai dan dilibatkan dalam kesuksesan
bisnis Anda. Hal ini tentu akan membuat konsumen betah berlangganan
bahkan mungkin mereka tidak akan ragu untuk menginvestasikan sebagian
harta mereka kepada bisnis Anda.
Jadi, dalam menjalankan bisnis bukan
hanya mengenai keuntungan yang anda peroleh saja. Kenyamanan serta
kepercayaan konsumen juga merupakan poin penting yang tidak boleh Anda
abaikan. Karena kunci kesuksesan bisnis yang sesungguhnya adalah
kepercayaan konsumen Anda.
Dengan begitu maka konsumen anda akan tetap loyal kepada anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar