
berikut ini tips tips untuk mendapatkan pelanggan yang besar dan loyal untuk toko ataupun bisnis anda.
Buat Klasifikasi Konsumen
Memang untuk mengklasifikasi konsumen tergolong sulit.tapi anda harus percaya noting imposible, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.
Untuk itu, anda harus memilih dan memilah, (bukan berarti anda harus menolak peanggan kecil ya), anda hanya perlu, mempetakan yang mana yang merupakan
pelanggan besar dan yang mana yang kecil. Setelah itu pelajari apa yang
diinginkan dari pelanggan Anda tersebut, lalu buat strategi secara
matang.
Lakukan Sekarang atau Tidak Sama Sekali
Pelanggan kakap mungkin tidak datang setiap hari! jadi jika ada kesempatan, maka anda harus berani ambil!, mungkin jika bisnis anda baru, anda akan merasa ragu taau bahkan takut untuk memenuhi permintaan konsumen dalam partai yang besar, namun kalau tidak sekarang kapan lagi?, mumpung ada, maka anda harus sikat! selanjutnya pelanggan kakap akan puas dengan pelayanan anda, dan mereka akan loyal dengan anda.
Singkirkan rasa takut dan ragu akan kemampuan anda sendiri!. Buat Lebih Personal
Keakraban dengan konsumen dalam berbisnis itu sngat penting. Keadaan bisnis dalam hubungan yang lebih
personal akan membuat negosiasi lebih cair dan akrab. Jadi saya sarankan anda harus membuka atau menciptakan sebuah ruang diskusi dengan pelanggan Anda agar bisa memberikan masukan, saran
ataupun keluhan seputar produk Anda.
Dengan hubungan yang personal, ruang
diskusi akan mudah terjalin sehingga konsumen Anda lebih nyaman dalam
memberikan saran dan kritik. Keadaan seperti ini lebih memungkinkan
kelanggenan dan loyalitas kerjasama Anda dengan klien. So, tidak ada
ruginya jika Anda lebih personal dalam menjalin sebuah hubungan bisnis dengan big
customer.
Jangan Berlebihan
Percaya diri itu penting!, namun berlebihan itu jangan!. Anda harus ingat,! janga terlalu
berlebihan dalam melakukan negosiasi atau mempromosikan bisnis Anda pada
pelanggan besar Anda. Jika Anda mengatakan perusahaan Anda bisa
melakukan apa saja yang diinginkan klien termasuk sesuatu yang
berlebihan.
Jelaskan dengan baik tentang bisnis yang
sedang Anda tangani. Jelaskan juga perkembangan dan kemungkian ke depan
yang akan di hadapi pada bisnis Anda. Hal ini bisa membuat perusahaan
Anda akan mudah kehilangan kredibilitas dengan cepat termasuk juga Anda
sendiri.
Nah, itulah beberapa tips untuk bisa mendapat pelanggan yang besar dan kakap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar