Pages

penemuan mumi di peru

Sabtu, 26 Oktober 2013



LIMA -dua buah mumi ditemukan dengan kondisi yang masih utuh dan dalam posisi jongkok  ketika  Seorang Arkeolog menemukan situs kuburan tua yang berisi dua mumi yang dibungkus sebuah kain
tradisional  Ibu Kota Peru, Lima. Diduga mumi tersebut berasal dari beradaban pra-Inca atau Wari.

Kuburan yang diperkirakan berusia lebih 1.000 tahun dan tepatnya terletak di Pucllana yang tidak jauh dari pusat kota Lima. Kedua mumi tersebut diperkirakan adalah seorang dewasa dan seorang bayi. Selain mumi, ditemukan pula 10 buah artefak.

  sabel Flores, arkeolok lokal memberikan kemungkinan, bahwa mumi dewasa adalah seorang ahli tenun. Sementara mumi bayi diperkirakan dikuburkan bersama sang mumi dewasa sebagai suatu persembahan untuknya.

“Kita telah memeriksa tubuhnya, sehingga kita bisa menentukan usia, posisi dia saat masih hidup di masyarakat dan jenis kelaminnya,” ucap Flores, seperti dikutip dari Al-Jazeera, Jumat (25/10/2013).

Peradaban Wari berada di Peru sekira tahun 600-1.000 sebelum masehi, atau tepatnya sebelum peradaban Inca ada dan perkembang. masih menurut  Flores, dirinya yakin masih  adanya harta karun tersimpan dari peradaban Wari yang belum ditemukan.

“Ini adalah satu penemuan penting dalam pencaraian selama tiga dekade. Dikarenakan kami bisa menemukan mumi utuh,” ujarnya.
selain menemukan 2 mumi kuno dalam posisi jongkok dan berpakaian lengkap terbungkus tali, para peneliti juga menemukan sisa-sisa tulang babi guinea dan stoples dengan desain kucing.
"Ini adalah salah satu penemuan paling penting dalam lebih dari 3 dekade penggalian, karena muminya juga masih utuh," kata peneliti Gladys Paz.
di peru, penemuan mumi dalam kondisi utuh ini sudah  yang ketiga kalinya, di antara lebih dari 70 kuburan yang ditemukan di makam Huaca Pucllana --bangunan seperti kuil piramida yang dibangun oleh kebudayaan Pra-Columbia Wari antara 100 dan 600 Masehi, yang sekarang merupakan lingkungan Miraflores.
kebudayaan Wari yang disebutkan asal dari kedua mumi itu, berkembang antara tahun 500 sampai 1.000 di daerah pesisir utara Peru. tidak banyak  yang bisa diketahui tentang mereka, karena mereka tampaknya tidak meninggalkan catatan tertulis.Sebelumnya pada tahun 2010, arkeolog juga menemukan sisa-sisa tulang belulang seorang wanita dengan 4 anak yang terkubur dalam tanah. selain itu ditahun 2008 ditemukan penemuan mumi gadis remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar