Pages

Mendulang Rupiah dengan Bisnis rumahan

Selasa, 30 Desember 2014

bisnis dari rumahMembuat suatu usaha sampingan yang mudah dilakukan dirumah memang gampang gampang susah. Biasanya modal adalah salah satu faktor yang sangat penting, dan menjadi masalah klasik. Tapi tahukah anda?, banyak peluang usaha rumahan yang tidak membutuhkan modal yang besar?. Jika Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa
berjalan dengan baik. Namun anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Memang untuk beberapa model usaha, kita membutuhkan modal materiil yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak model usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal kecil.
Tapi sebaliknya, modal yang paling penting itu adalah modal non materiil, contohnya, tekad dan keinginan yang kuat, keyakinan, dan juga perencanaan bisnis yang matang. Besarnya sebuah modal, dalam hal ini uang,  bukanlah sebuah jaminan usaha rumahan yang akan dijalankan akan berhasil, akan tetapi dengan keseriusan, ketekunan, kerja keras lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan usaha rumahan. Jika kita sudah memiliki modal utama tersebut maka kita bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita.
Berikut ini kami rangkum beberapa peluang usaha rumahan dengan modal yang relatif kecil yang bisa jadikan untuk tambahan income dari rumah.

1. Berjualan Pulsa HandPhone

Jika dulu Hanphonre adalah barang mewah, sekarang tidak lagi. Dari presiden sampai tukang becak sekalipun sekarang sudah akrab dengan alat komunikasi ini. Sekarang hanphone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, tidak perduli profesinya apa. Tentunya para pengguna telepon genggam ini akan membutuhkan pulsa agar dapat menggunakan gadget mereka itu. Disinilah peluang usaha rumahan yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.
bisnis berjualan pulsa  tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini adalah sebuah etalase kecil untuk display dan juga HP untuk melakukan pengiriman pulsa elektrik.
 Dibutuhkan modal awal tidak lebih 500 ribu rupiah untuk mengawali bisnis ini. Tentu saja ini modal yang relatif kecil bukan?. 

2. Berjualan Makanan/ Camilan

Membuka usaha camilan juga sangat prospek. Hampir semua orang doyan ngemil. Apalagi para wanita. Usaha camilan atau makanan ringan merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan.
 Kita bisa mulai dari bisnis makanan ringan yang paling di suka banyak orang, seperti kue, kacang goreng atau apalah, yang bahan bahanya mudah di dapat disekitar kita.
Anda bisa berjualan camilan ini di depan rumah dengan memasang display camilan Anda. Kemudian promosikan usaha kue atau gorengan Anda ke teman-teman, tetangga, dan keluarga. 

Jika anda pintar memasak, kenapa tidak membuka warung makan  saja?. Kemampuan Anda dalam memasak makanan enak dapat dimanfaatkan jadi peluang usaha rumahan, tentu saja modal yang diperlukan juga kecil. Umumnya, orang yang makan di warung makan lebih menyukai masakan-masakan rumahan, dan bila Anda memiliki resep keluarga yang unik dan enak tentu saja ini sebuah nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

3. Membuka Jasa Pengetikan Naskah

bisnis ini sangat cocok jika anda tinggal di lingkungan kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik dan mem-print naskah yang sudah mereka buat, mereka inilah calon pelanggan potensial Anda. Memang diperlukan modal awal sedikit lebih banyak, untuk keperluan beli sepetangkat komputer, scanner jika perlu mesin photo copy, namun peluang bisnis ini sangat bagus, dan anda hanya perlu modal besar diawal, selebihnya anda hanya menganggarkan untuk beli tinta dan buaya maintenance saja.

4. Menjalankan Bisnis Online Dari Rumah

Ini dia bisnis yang sedang trend saat ini.  Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.
Berbagai macam bisnis online bisa kita lakukan. Dari toko online  forex, afiliate dll.
Diperlukan kemampuan menguasai informasi tehnologi dan internet untuk memulai bisnis online.

5. Usaha Loundry


Saat ini sangat banyak orang yang menggunakan jasa loundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry biasnya lebih rapih dibandingkan bila mengerjakan sendiri. Tentu saja hal ini adalah celah yang bisa anda manfaatkan. Tentunya Anda harus mempertimbangkan untuk membuka usaha loundry pakaian. Mengingat prospek yang sangat bagus untuk usaha sampingan.
saat ini bisnis loundry sudah ada waralabanya juga. Yang anda perlukan hanya menyediakan modal awal dan juga tempat untuk mulai berbisnis. Tapi biasanya waralaba bisnis loundry pakaian harganya cukup mahal. Bila Anda tidak memiliki modal ya buka jasa loundry sendiri, karena margin keuntungan  bisa lebih bagus.

6. Berbisnis Dari Bahan-Bahan Bekas
Utuk memulai usaha ini diperlukan mental  baja. Selain itu juga dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk mengubah bahan bahan bekas di sekitar kita bisa menjadi sesuatu yang bernilai. Keuntungan dari bisnis ini adakah kita bisa dengan mudah mendapatkan bahan dengan harga murah bahkan gratis. Umumnya barang bekas yang tidak terpakai dibuang pemiliknya, dan kita bisa memanfaatkan barang bekas tersebut.

Demikian beberapa tips untuk memulai usaha sampingan atau usaha rumahan. Tentu saja masih banyak ide ide yang ada selain tips di atas.

Semoga bermanfaat.


1 komentar

  1. Memang cukup banyak bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Bisnis online dari rumah pun banyak macamnya.

    BalasHapus