Pages

Tips hidup sehat

Minggu, 28 Desember 2014

cara hidup sehatSiapa yang tidak ingin hidup Sehat? Tentu saja Hidup sehat adalah keinginan setiap orang, tapi bagaimana bisa hidup sehat tapi tidak mau menjalani pola hidup yang sehat? tentu saja impian memiliki tubuh yang sehat tidak akan tercapai. Bagaimana mewujudkannya?
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa hidup sehat. namun mengubah pola hidup yang tidak teratur menjadi pola hidup yang sehat itu tidak mudah. Berbagai tantangan yang harus di hadapi, dan tantangan terbesar dari hidup yang sehat adalah rasa malas dan seringnya menyepelekan pentingnya hidup sehat. Biasnya kita akan menyadari pentingnya hidup sehat setelah kita jatuh sakit.
Untuk itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri kita, dan jika sudah ada niat selanjutnya adalah kemauan, dengan begitu akan tercipta kemampuan dalam menjalani pola hidup sehat yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk hidup sehat.

1. Menjaga Kebersihan
Kita spakat kalau kebersihan adalah faktor  yang sangat vital dalam menunjang kesehatan, jika kita kurang memperhatikan kebersihan maka sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh kita. Dan salah satu hal terkecil dalam menjaga kesehatan adalah cuci tangan. 
Sangat diharuskan unyuk mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan.Mungkin ini adalah sesuatu hal yg sepele, terlebih lebih jika kita makan dengan sendok, atau kita makan diluar /warung atau restoran. Untuk itu kita harus membiasakan mencuci tangan walapun kita makan dengan sendok dan garpu.

2. Perbanyak Gerakan Tubuh
Olahraga asering digunakan oleh orang-orang untuk membuat hidupnya jauh lebih sehat. Dan itu memang benar. Olah raga walapun ringan  Entah itu lari pagi atau olah raga yang tergolong berat, misal,  bermain bola basket/futsal/volley, fitness, dll. Semua itu adalah langkah yang sangat baik dan harus dilakukan jika ingin memiliki hidup yang sehat.
 Tapi sebenarnya adahal sepele yang mungkin tidak anda anggap olah raga tapi sebenarnya itu bagian dari olahraga, dan juga menyehatkan, yaitu semua
hal yang membuat anda banyak bergerak tentu akan menyehatkan. Contohnya seperti menyelesaikan pekerjaan rumah, atau bermain game yang membuat banyak keringat keluar dari tubuh anda. Intinya anda tidak boleh malas untuk bergerak, jika ingin hidup sehat.
Mengapa begitu? Dengan hanya duduk diam maka karena penyakit yang bisa timbul nantinya bila anda malas bergerak, seperti serangan jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis, kanker payudara dan masih banyak lagi.

3. Jagalah Pola Makan
Menjaga pola makan sangat penting untuk kesehatan anda. Sampai sampai ada istilah, “you are what you eat!”, yang artinya "kamu adalah apa yang kamu makan". Maksud dari istilah terdebut adalah,
jika tubuh anda mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan. Sedangkan jika anda mengkonsumsi makanan / minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Karna seperti apa tubuh anda sekarang, itu karena apa yang anda makan.
Sebisa mungkin hindari, atau kalau tidak bisa kurangi konsumsi  terhadap junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi, minuman beralkohol, makanan/minuman berpengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan anda.
Jangan makan secara berlebihan karena walaupun apa yang anda makan adalah makanan yang bergizi tapi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.
4. Perhatikan Waktu Tidur
UTidurlah yang teratur. 6-7 jam adalah waktu yang ideal untuk tidur malam anda. Jika Pola tidur anda berantakan, tidur larut malam kemudian bangun di pagi hari. Padahal kurangnya istirahat dapat mengganggu konsentrasi dan kesehatan anda.
Walapun sebentar pergunakan waktu luang di siang hari untuk tidur. waktu yang tepat mungkin pada saat jam istirahat. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh anda sekitar 20 menit, karena dengan tidur sejenak pikiran akan kembali jernih dan tentu saja kesehatan terjaga.

5. Bila Ingin Buang Air Jangan Ditahan
urin dan feses mempunyai fungsi yang besar yaitu membuang racun dari dalam tubuh. Seringkali  kita menunda nunda untuk buang air kecil/besar dikarenakan beberapa sebab, entah karena tidak nyaman dengan toiletnya atau mungkin karena malas. Namun perlu anda ketahui jika hal tersebut sudah mulai menjadi kebiasaan bagi anda, hentikanlah semua itu.
Jika anda tau, bahwa banyak akibat yang bisa terjadi karena terlalu lama menahan buang air kecil yaitu infeksi kandung kemih, infeksi ginjal atau yang lebih parah lagi gagal ginjal. Sedangkan jika anda sering menahan buang air besar maka akan memicu kanker usus. maka dari itu mulailah dari sekarang untuk tidak menahan buang air.
Demikianlah beberapa tips cara Hidup Sehat yang Perlu Anda Ketahui, semoga dapat bermanfaat. Jika anda berkenan baca juga Penyebab sakit pada uluhati. 
 salam.

2 komentar

  1. Kadang yang kurang diperhatikan itu soal buang air besar/kecil. Memang kalau buang air itu jangan ditahan-tahan.

    BalasHapus
  2. paling susah bagi saya perhatikan waktu tidur , soalnya kalo udah seru di depan laptop susah buat kemana mana

    BalasHapus