Pages

cara budidaya semut jepang dan manfaatnya

Selasa, 07 April 2015

  Mungkin budiya semut jepang masih asing ditelinga kita, atau bahkan sebagian dari anda belum pernah mengetahui tentang ternak semut jepang ini. tapi yang perlu anda tahu bahwa, ternyata prospek beternak semut jepang ini bagus sekali. 
Sebelum kita membahas prospek dari semut ini, alangkah baiknya kita kenali dulu ciri ciri semut jepang ini. Ciri dari semut jepang ini secara umum adalah memiliki tubuh berwarna hitam kecoklatan, berkaki enam dan tekstur tubuhnya cenderung keras. Meskipun semut ini bersayap seperti kumbang tapi semut jepang ini tidak mempunyai kemampuan untuk terbang. secara keseluruhan kita akan agak kesulitan membedakan mana kutu beras mana semut jepang, karena bentuk fisik keduanya memang mirip, yang membedakan adalah kutu beras mempunyai kulit yang lebih keras.

kasiat semut jepang

Manfaat Semut Jepang

 kenapa prospek beteranak semut jepang ini sangat bagus?, hal ini tidak lepas dari berbagai manfaat yang tyerkandung dalam semut jepang. manfaat semut jepang antara lain adalah:

  1.     Untuk menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes.
  2.     Pengobatan asam urat
  3.     Menstabilkan kolesterol
  4.     Pengobatan penyakit jantung
  5.     Meningkatkan stamina tubuh

Cara mengkonsumsi semut jepang

Jika anda merasa tidak nyaman atau jijik harus mengkonnsumsi semut jepang, maka ada  beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsnumsi  semut jepang,  diantaranya adalah diseduh dengan air atau dimasukkan kedalam kapsul.  Cara pertama ambil beberapa semut jepang taruh dalam gelas, kemudian masukkan air panas. Segera minum lagi hangat. Cara kedua ambil satu semut jepang masukkan ke dalam kapsul dan segera dikonsumsi. Untuk cara kedua, disarankan memasukkan semut ke dalam kapsul ketika malam hari sebelum dikonsumsi. Untuk beberapa kasus cara mengkonsumsinya sebagai berikut :
Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat diabetes
mengkonsumsi semut jepang tenu saja ada aturanya, tidak sekedar kita makan begitu saja, dan apabila anda mengkonsumsi semut ini untuk keperluan mengobati penykakit diabetes, maka  disarankan untuk mengkonsumsi satu semut dua kali sehari sampai gula darah stabil.
Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat asam urat
Untuk mengobati asam urat dua semut, dua kali sehari sampai asam urat sembuh.

Cara budidaya semut jepang

Budidaya semut jepang

nah, setelah tahu kegunaan dan manfaat semut jepang, maka sekarang kita pelajari, bagaimana cara beternak semnut jepang?
membdidaya semut jepang tidaklah sulit, bahkan lebi mudah budidaya semut jepang daripada beternak sapi. 
Berikut ini cara budidaya semut jepang:
1.    Sediakan toples plastik yang sudah dilubangi tutupnya. Ini berfungsi sebagai ventilasi udara agar semut tidak mati.
2.    Sediakan kapas secukupnya.
3.    Sediakan ragi tape.
4.    Hal yang paling penting yaitu semut jepang itu sendiri.
5.    Pertama lubangi toples plastik pada tutupnya. Kemudian masukkan kapas sampai ¾ dari toples.
 Usahakan tidak terlalu padat. Setelah itu masukkan semut jepang dan ragi tape.

  Biasanya  10 ekor semut jepang dapat berkembang biak menjadi sekitar 200an ekor dalam 2 bulan. adapun untuk makan dan perawatan semut jepang anda cukup memberi makan  semut seminggu sekali degan tiga butir ragi tape. Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang sebaiknya membeli bibit semut jepang sekitar 200an ekor yang mana biasa dijual seharga 200 ribuan. Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu. Dan sebulan kemudian anak dari semut ini akan menjadi dewasa dan siap untuk dipanen dengan harga berkisar 2000 – 5000 per ekor, tergantung dari daerah tempat tinggal anda. Selain mudah dalam budidaya semut jepang sangat cepat dalam berkembang biak.
demikian ulasan tentang manfaat dan car budidaya semkut jepang.
salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar