Pages

Apakah Sakit Mata Menular?

Selasa, 16 Desember 2014


Siapa sih yang tidak pernah mengalami yang namanya sakit mata?. Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalami sakit mata. Sakit mata biasanya menular, dan hampir semua orang percaya jika sakit mata itu menular. Tapi benarkah demikian?. Faktanya tidak semua sakit mata itu menular. Sakit mata tidak akan menular jika penyebab sakitnya karena suatu alergi atau iritasi.
Sedangkan untuk sakit yang menular, itu disebabkan oleh infeksi suatu bakteri.


Lalu bagaimana kita mengetahui sakit mata yang dialami seseorang itu merupakan infeksi virus atau bakteri yang sangat menular?

Sebenarnya mudah saja untuk membedakan antara sakit mata yang menular dan tidak menular. Sakit mata yang menular karena inveksi bakteri biasanya memiliki ciri-ciri mata berair, gatal, kepekaan terhadap cahaya. Satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Sangat menular, dapat menyebar melalui batuk dan bersin.


Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Sakit Mata Tersebut?

Setelah kita sudah tahu ciri-ciri sakit mata yang dapat menular, maka tinggal bagaimana kita melakukan cara untuk mencegah jangan sampai kita atau anggota keluarga terkena sakit mata ini.

Berikut ini adalah beberapa hal dan tips tindakan pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan yang secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena sakit mata konjunctivitis:

Jangan pernah berbagi barang pribadi seperti waslap, handuk tangan, sabunatau tissu dengan penderita sakit mata.
Jangan berbagi lensa kontak dengan orang yang terinveksi.
Mencuci tangan dapat mencegah penularan sakit mata. Cuci tangan, terutama setelah menghabiskan waktu di dekat orang yang sakit matanya.
Saat berenang, pakailah kacamata renang untuk melindungi mata diri dari bakteri dan mikroorganisme lainnya dalam air yang dapat menyebabkan konjungtivitis/penularan.
Langkah pencegahan jika dilakukan dengan benar akan efektif mencegah penularan sakit mata yang di sebabkan penularan sakit mata karena bakteri dan virus.

Itulah beberapa tips pencegahan untuk sakit mata yang menular. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar