Pages

Sakit Pada Ulu Hati dan Penyebabnya

Sabtu, 20 Desember 2014

Sakit ulu hati adalah gejala sakit pada bagian perut. Banyak yang  menduga nyeri ulu hati ini disebabkan oleh sakit maag. Walaupun dugaan itu tidak seluruhnya benar, namun faktanya, ini merupakan penyebab tersering terjadi. Tapi apakah Anda tahu, bahwa tidak hanya maag saja yang menjadi penyebab datangnya nyeri pada ulu hati?

Sebenarnya dimana  letak ulu hati itu berada?

Alangkah baiknya sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sakit ulu hati ini,  kita tahu letak ulu hati berada.

Dalam dunia medis ulu hati disebut dengan nama epigatrium (epigastric region) yaitu terletak pada perut atas bagian tengah, kurang lebih seperti segitiga dengan tulang rusuk sebagai atap segitiganya.

Nah, setelah kita mengetahui letak ulu hati, sekarang kita mencari tahu penyebab sakit ulu hati selain yang di sebabkan oleh maag.


Gejala dan Penyebab Sakit Ulu hati

banyaknya penyebab sakit ulu hati yang umumnya berkaitan erat dengan organ yang terletak padanya. Seperti yang sudah disinggung di atas, Penyebab tersering adalah masalah lambung atau sakit maag, istilah kedoktetan di namakan dispepsia. Harap di catat!, ini bukanlah satu-satunya penyebab sakit pada ulu hati.

Berikut ini beberapa penyebab sakit pada uluhati.

Penyakit GERD.
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa seolah olah tulang belakang dadanya serasa terbakar (heartburn). Perasaan terbakar ini ada dikarenakan regurgitasi makanan dan asam lambung dari lambung kembali ke kerongkongan. Rasa seperti terbakar selain di daerah tulang belakang dada, juga terasa sampai ulu hati.

Gastritis (Radang lambung).
 Penyebab datangnya sakit/nyeri pada ulu hatu adalah, Radang lambung (Gastritis).
Yaitu peradangan lapisan pada  lambung.  Grastitis Terjadi karena asam lambung yang tinggi sehingga menyebabkan ulu hati sakit, mual, kembung dan penurunan berat badan.

Ulkus Peptikum dan duodenum (Tukak lambung).
 Apa itu tukak lambung?.
Mungkin sebagian dari anda merasa asing dengan istilah Tukak Lambung. Namun justru inilah penyebab paling banyak penyebab rasa nyeri hati.
Tukak lambung disebabkan adanya luka pada lambung, selain rasa nyeri, tukak lambung juga menimbulkan mual dan jika penyakit ini lebih parah, penderita dapat mengalami muntah darah dan BAB berwarna hitam. Pada  kasus tukak lambung (Ulkus duodenum) rasa sakit ulu hati akan lebih buruk setelah makan, yakni 2-3 jam setelah makan.

Kanker Lambung. Keganasan pada lambung juga menyebabkan sakit di ulu hati. Selain sakit pada uluhati  biasanya penderita akan kehilangan berat badan, sakit perut.


Radang Pankreas (Pankreatitis).
 Radang pankreas ini dapat akut atau kronis. Pankreatitis akut menimbulkan sakit ulu hati yang sangat parah sampai memancar ke arah belakang. Pankreatitis kronis ditandai dengan nyeri ringan di epigastrium.


Penyakit Kandung empedu.
 Penyakit empedu  ataupun peradangan pada kandung empedu ini juga menghasilkan nyeri di daerah perut kanan yang juga menjalar sampai ulu hati.

Penyakit Liver

Penyakit liver biasanya juga di sebut penyakit hati.
Umumnya peradangan hati ini paling sering akibat dari infeksi oleh virus. Hepatitis ditandai dengan perubahan kulit dan warna mata menjadi kuning, tidak nafsu makan, lemes, mual, muntah dan juga badan demam.

Penyebab lain dari sakit pada ulu hati adalah;

Batuk lama yang sudah kronis

Sakit pada ulu hati, biasanya gejala datangnya
tanda serangan jantung atau kondisi yang serius. Namun tidak selalu lo. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli.

Untuk menentukan masalah apa yang sebenarnya menyebabkan nyeri pada ulu hati, dokter akan melalukan wawancara dan pemeriksaan fisik.
 Itulah penyebab sakit uluhati.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar